Minggu, 16 Desember 2012

REFRIGERANT


Mungkin kita semua tak mengenal refrigerant pada air conditioner atau AC.
orang pasti akan lebih mengenal freon sebagai refrigerang yang ada di dalam mesin pendingin anda....
padahal freon adalah merek dagang,dan yang paling umum digunakan pada AC anda semua adalah jenis R22 dan yang paling terbaru adalah R410a yang banyak digunakan pada AC yang berteknologi inverter.
dan yang paling  utama dari freon pada AC anda adalah jangan sekali sekali menambahkan freon ketika anda melakukan servis terhadap AC anda,kecuali jika memang ada kebocoran di AC anda,karena memang kompresor Ac anda akan rusak jika tekanan freon anda kurang ataupun berlebihan,,
dan ada cara yang cukup mudah untuk mengetahui apakah tekanan freon anda normal ataukah tidak..
pertama >> perhatikan unit outdor anda.
kedua>> perhatikan ujung pipa tembaga pada outdoornya ( ada 2 pipa,besar dan kecil)
ketiga>> ketika pipa yang kecil terlihat mengembun dan ketika dipegang jauh lebih dingin daripada yang besar itu berarti normal 
keempat>>ketika pipa kecil terlihat menjadi es batu biasanya tekanan freonnya berkurang sekitar separo.
kelima >> ketika dua pipanya dipegang tidak ada yang dingin,hal itu menandakan fronnye telah habis,,
segera hubungi tenaga ahli di bidangnya,karena hal ini jika berlangsung lama bisa dipastikan kompresornya akan rusak. 

Rabu, 12 Desember 2012

capasitor adalah sebuah perangkat elektronik yang berguna untuk menyimpan tegangan listrik sementara, yang mempunyai satuan  Farad, besarannya juga berbeda tergantung dari basarnya kemampuan motor listrik.
bentuknya ada yang bulat tabung ataupun kotak.
pada unit AC ada komponen yang menggunakan capasitor, yaitu berada di motor indoor,motor outdoor dan di kompresor,
ada cara yang mudah untuk mengetahui apakah capasitor itu masih mampu bekerja normal ataupun tidak.
biasanya ketika motor pertama kali jalan akan bunyi "nggereng" nah kalo sudah begitu coba dibantu memutarnya menggunakan tangan,setelah dibantu memutar ternyata mampu berputar normal, hal itu menandakan kalau kemampuan capasitor itu telah menurun.
atau juga ketika pas kita lihat kapasitor itu biasanya ada benjolan atau mengeluarkan minyak hal itu juga menandakan kalo capasitor kita telah rusak.
meskipun itu secara kasat mata,tapi kalo mau lebih jelas ya kita ukur pakai capasitormeter apakah masih sesuai dengan yang terpampang di body capasitor..............